Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Apa Fungsi Alis Mata?

Pernahkah teman-teman bertanya sebenarnya apa sih fungsi alis itu? Apakah hanya sebagai hiasan atau sebenarnya dia punya fungsi khusus terutama untuk organ mata?



Alis selama ini dikenal sebagai pelengkap wajah untuk menambah kesempurnaan ciptaan Allah SWT sehingga jarang sekali yang berfikir fungsi khusus dari sekumpulan rambut halus yang tumbuh melintang tepat di atas kedua mata ini. Tapi, sebenarnya alis juga memiliki fungsi seperti organ-organ manusia lainnya. Alis berfungsi sebagai penahan aliran keringat dan air yang mengalir dari atas kepala sehingga tidak masuk ke mata. Nah, kenapa aliran ini harus dihentikan? Bayangkan saja, jika setiap hari tetesan air dan keringat langsung mengalir tanpa penahan masuk ke mata, maka mata kita akan pedih dan tentu saja kita akan sulit beraktivitas. Sama seperti ketika kita berenang, jika kita tidak memakai kacamata khusus renang, apa yang terjadi pada mata kita? Ya, mata kita akan merah dan pedih sehingga akan sangat mengganggu.

Namun, sayangnya banyak juga yang tidak menyadari betapa kecil tapi sangat berartinya fungsi alis itu sendiri, terbukti dengan banyaknya orang yang mencukur bahkan habis alisnya dengan berbagai alasan, mulai dari fashion, tradisi, bahkan sebagai ajang taruhan. Padahal, selain berfungsi sebagai penahan air dan keringat, alis mata juga berfungsi sebagai "radar", lho. Alis mata menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata. Contohnya serangga, debu, dan kotoran sehingga kelopak mata akan dapat bersiap untuk menutup sewaktu-waktu. Wah, kalau saja tidak ada alis mata, pasti semua kotoran, debu, benda asing akan dengan bebas keluar-masuk mata dan tentu saja hal itu tidak akan membuat kita merasa nyaman.

Nah, ada satu lagi nih fungsi dari alis mata, yaitu sebagai pemberi ekspresi pada wajah, selain dari tatapan mata, kita akan dapat tahu ekspresi seseorang dari gerakan alisnya. Misalnya saja, saat kita sedang bingung, kita akan cenderung mengerutkan dahi sehingga yang tampak adalah mendekatnya kedua alis mata kiri dan kanan. Saat kita marah, alis akan cenderung miring ke arah yang berlawanan sehingga yang tampak pada wajah adalah kedua alis yang seperti membentuk huruf V. Ada juga saat kita merasa sedih atau terharu, alis kita akan juga miring dan yang tampak adalah kedua alis yang membentuk V terbalik.

Di Agama Islam juga dikenal larangan untuk mencukur alis meski jarang orang-orang memahami maksud larangan tersebut. Nah, melihat banyaknya manfaat alis di atas, bener dong Islam melarang mencukur alis, demi kebaikan manusia juga.

Wah, benar-benar nggak ada ciptaan Allah SWT yang tidak memiliki fungsi, bukan? Semoga kita semakin memahami keberadaan alis sehingga kita tidak menyia-nyiakan nikmat Allah sehingga kita akan semakin bersyukur karenanya. Semoga bermafaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Sabdan Arso mengatakan...

bagaimana jika alis kita terlalu tipis dan akhirnya mengganggu fungsi kerjanya?

Poskan Komentar