Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Masuk Angin? Kerokan? Hmm...


Ketika kita masuk angin, pasti perut rasanya nggak enak minta ngeluarin angin dari ‘atas’ maupun dari ‘bawah’. Ada banyak cara buat ngeluarin angin, ada obat dan satu lagi kerokan. Wuih, diapain sih tuh? Caranya sih gampang, tinggal cari koin, olesi punggung dengan balsam atau cairan licin lainnya agar tidak melukai punggung, dan kerokin deh punggung pake koin tadi. Yang terlihat kemudian adalah garis-garis warna merah. Terus, gitu aja bisa nyembuhin masuk angin? Eits, nih dia ulasannya...


Saat kita kerokan, maka yang terjadi adalah Inflamasi. Apaan sih? Inflamasi ini bertujuan untuk menetralisir penyebab sakit dan menghilangkan jaringan yang telah mati sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat. Inflamasi memiliki ciri seperti kemerahan pada kulit yang dikerok dan menandakan adanya jaringan yang meradang, yang mengandung banyak darah akibat pembuluh kapiler yang sebelumnya kosong karena menyempit, telah melebar dan diisi oleh darah. Nah, itulah mengapa kemudian muncul garis-garis merah atau merah kebiruan di punggung setelah kerokan. 

Kerokan itu bisa bikin nyaman. Kok? Yup, itu karena tubuh telah melepas hormon beta endofin. Prinsip kerokan adalah meningkatkan temperatur dan energi pada tubuh yang dikerok yang dilakukan melalui perangsang kulit tubuh bagian luar. Dengan begitu, saraf penerima rangsang di otak akan menyampaikan rangsangan yang menimbulkan efek memperbaiki organ pada titik-titik meridian tubuh. Arus tubuh yang lancar ini akan menyebabkan pertahanan tubuh juga meningkat.

Eits, tapi jangan banyak-banyak kerokan lho... karena selain berguna mengobati masuk angin, kerokan juga punya efek samping. 
           1. Ketagihan. Rasa nyaman yang ditimbulkan saat kerokan tentu akan menyebabkan tubuh ketagihan untuk selalu dikerok setiap kali merasa pegal dan kurang nyaman.

2.     2.  Dapat menyebabkan kontrasi dini. Yang menjadi masalah adalah reaksi penolakan terhadap Inflamasi tubuh. Saat terjadi Inflamasi, maka mediator anti Inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut “Cytokines” yang merupakan sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan Prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh sebab itu, bagi ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang penyembuhan dengan cara dikerok karena bisa mengakibatkan timbulnya kontraksi dini akibat munculnya zat Prostaglandin.

      3. Resiko serangan bakteri dan virus. Saat kerokan tentu pori-pori kulit pada bagian yang dikerok akan terbuka dan akan memungkinkan masuknya bakteri dan virus yang akan mengganggu kesehatan.

      4. Meningkatkan resiko penyakit stroke. Saat kerokan, pembuluh darah akan melebar. Jika dilakukan terlalu sering dan di bagian yang sama, dikhawatirkan pembuluh darah kecil dan halus akan semakin melebar lalu pecah. Tentunya ini sangat berbahaya terutama untuk para orang tua.

Pada dasarnya, kerokan itu aman asal tidak berlebihan sehingga menjadi kebutuhan primer—sekali lagi, segala yang berlebihan itu tidak baik. Nah, biar nggak tejadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas, ada beberapa ‘nasihat’ yang harus dipatuhi nih... yang pertama, hindari mandi setelah kerokan karena pada saat ini pori-pori kulit dalam kondisi terbuka, tapi bolehlah kalau ingin membersihkan badan dengan dibasuh lap basah menggunakan air hangat dan sebaiknya jangan terlalu basah. Yang kedua, istirahat dan jaga tubuh agar tetap hangat dengan memakai pakaian hangat atau berselimut, lebih bagus lagi kalau ditambah minum yang hangat-hangat. 

Wheew, itu cuma salah satu cara untuk menyembuhkan masuk angin, yang paling penting kan usaha dan kemauan sembuh kita, iya nggak?! Jangan biarkan angin masuk semabarangan dan bikin tubuh kamu nggak nyaman lagi yaa... Yup, semoga bermanfaat :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Sabdan Arso mengatakan...

iki mah cara pengobatan favorit

Posting Komentar