Blogger Tricks

Pages

Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Kenapa Laut (terlihat) Berwarna Biru?


Eh, tahu nggak kenapa laut terlihat berwarna biru? Padahal, kalau kita ambil warnanya jernih sedikit keruh biasa. Nggak pengen tau? Pengen? Ayook...



Warna biru yang biasa kita lihat itu berasal dari mengecil dan memencarnya cahaya matahari ketika memasuki atmosfir. Pada awalnya, cahaya matahari memiliki panjang gelombang yang besar dan memecah sehingga panjang gelombang baru yang muncul besarnya sama dengan panjang gelombang warna ungu.
 
Cahaya matahari sebenarnya berwarna putih. Cahaya putih itu sendiri merupakan gabungan dari berbagai energi gelombang. Sebenarnya, peristiwa ini tidak berbeda dengan masuknya cahaya melalui prisma. Cahaya yang masuk bakal terbias menjadi beberapa warna utama: ungu, nila, biru, hijau, kuning, jingga dan merah. Warna ungu memiliki panjang-gelombang tertinggi, dan warna merah terkecil - sehingga muncul istilah ultraungu dan inframerah.
Warna air laut murni pada dasarnya memang kebiruan karena memantulkan panjang gelombang biru hijau. Memang warna biru air sangat lemah, tapi kalau air terkumpul cukup banyak maka warna biru mulai nampak seperti di lautan.
Tapi, bukankah terkadang laut terlihat berwarna hijau?
Yap, warna hijau ini muncul karena adanya fitoplankton yang mengandung klorofil sehingga menyebabkan air laut yang penuh dengan mikroorganisme ini terlihat berwarna hijau. Saat perairan dipenuhi fitoplankton, sebagian besar cahaya biru akan diserap oleh klorofil tanaman tersebut, dan karena itulah perairan tampak berwarna hijau . Namun, saat perairan kekurangan fitoplankton, berarti tidak ada penyerapan sinar berwarna biru, maka jadilah laut terlihat berwarna biru.
Allah kita yang Maha Keren ini telah menciptakan jutaan warna, so udah wajib banget buat kita bersyukur karena dikarunia indera yang sempurna dan bisa menikmati indahnya dunia ini. :D
Semoga Bermanfaat!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar