Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Bagaimana Bayi Kembar Terlahir?


Beberapa diantara kita mungkin terlahir sebagai pasangan kembar, bisa kembar identik (sama-sama cewek atau cowok) bisa juga kembar cowok-cewek, bisa kembar dua dan bisa juga kembar lebih dari dua. Nah, pernah penasaran kenapa bisa terjadi peristiwa bayi kembar? 


Rahim ibu kita punya dua indung telur untuk memproduksi sel telur. Sementara itu, ayah kitalah yang memproduksi sperma yang ketika bertemu dengan sel telur maka kedua sel kelamin tersebut akan melebur dan membentuk individu baru. Nah, adakalanya beberapa hal ‘istimewa’ terjadi. Yang akan kita bahas kali ini adalah fenomena bayi kembar.
Fenomena ini bisa dibedakan menjadi kembar monozigotik dan kembar dizigotik. Apa yang bikin beda.

      a. Kembar Monozigotik.
      
Kembar yang ini terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi oleh dua buah sel sperma yang berbeda membentuk zigot dan kemudian membelah. Jika pembelahan ini terjadi ketika zigot ada pada awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan), embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda dan satu plasenta. Bayi kembar yang terlahir dari kembar jenis ini biasanya identik, yaitu sama jenis kelamin dan memiliki wajah yang sama. Kenapa? Karena gen mereka datang dari sel telur yang sama makanya identik. Tapi, bisa juga terjadi pembelahan tidak sempurna dari kembar monozigotik ini sehingga menyebabkan terjadinya peristiwa kembar siam.  Hal ini bisa terjadi ketika zigot baru mulai terbelah ketika usia lebih dari 14 hari sehingga mengalami join atau menempel bersama pada bagian dari tubuhnya atau pembelahan yang tidak sempurna.
 

b. Kembar Dizigotik
    
    

Kembar dizigotik terjadi ketika dua sel telur dibuahi oleh sel sperma yang berbeda. Karena rahim memiliki dua indung telur,  jadi bisa dimungkinkan kedua-duanya memproduksi sel telur secara hampir bersamaan dan kemudian kedua-duanya berhasil dibuahi so jadi deh kembar dizigotik. Kembar yang ini bisa saja memiliki jenis kelamin serta wajah yang berbeda karena datang dari gen yang berbeda dari masing-masing sel telur. Kurang lebih dua pertiga dari bayi kembar di dunia adalah kembar dizigotik.

Biasanya nih, kalo ibu kita punya saudara kembar atau setidaknya ada keluarga dari ibu kita yang kembar, maka frekuensi kelahiran kembar dalam keluarga kita akan meningkat. Bayi kembar juga bisa ‘diatur’ loo... caranya adalah dengan menggunakan proses bayi tabung. Dalam proses ini, orang tua dapat menentukan berapa banyak bayi yang diinginkan untuk kemudian ditanam di rahim ibu dan jadilah bayi kembar. Ada juga cara lain dalam proses ‘pengembaran’ ini, kloning. Kloning ini adalah proses penggandaan yang dilakukan terhadap tumbuhan dan hewan sehingga menghasilkan mahluk yang kembar. Tapi, cara-cara ini tetap ada plus minusnya sih, tinggal bagaimana pertimbangan orang tua.

Nah, semoga bermanfaat :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar