Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Kenapa Bisa Muncul Kantung Mata?



Mata kalian pernah berkantung? Nah, pasti gara-gara pola hidup yang gak beres nih. Yup, kantung di daerah sekitar mata memang muncul akibat gaya hidup yang buruk seperti kurang tidur juga kerja mata yang terlalu berat. Tapi, bisa juga karena alergi, faktor usia dan keturunan, sih. Well, tapi yang namanya punya kantung mata tuh risih banget kan? Sebenarnya apa sih yang membuat daerah sekitar mata bergelambir dan berubah warna menjadi lebih gelap?


Tergantung dari faktor penyebabnya sih. 
·         a. Faktor usia. Ketika umur kita bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak  sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung. Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
·         b. Alergi. Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus. Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
·         c. Terlalu banyak menangis. Kebanyakan nangis juga bisa menimbulkan kantung mata lho, hal itu disebabkan karena banyaknya cairan yang terperangkap di bagian bawah mata.
·         d. Hidung Tersumbat. Hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebakan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
·         e. Dehidrasi. Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda mulai muncul di bawah mata.
·         f. Gaya Hidup. Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
·         g. Gangguan Pernafasan.  Pilek, flu, atau gangguan kesehatan lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan juga bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata yang mengakibatkan munculnya kantung mata.
      h. Kurang Tidur dan Kelelahan. Tidur yang bagus adalah 8 jam sehari dan tidur yang kita miliki haruslah berkualitas. Yang kayak gimana tuh? Yaitu ketika kita tidur, meski hanya satu-dua jam dan tidur kita itu sanggup mengembalikan tenaga serta konsentrasi kita. Jika kita tidak mendapat tidur berkualitas yang cukup dan terlalu lama bekerja di depan komputer, maka hal itu bisa menyebabkan kelelahan. Lelah akan memicu terjadinya tekanan pada mata sehingga membuat bagian bawah mata sedikit bengkak, seperti berkantung.
·         i. Konsumsi Yodium. Terlalu banyak mengonsumsi yodium dalam garam juga dapat menimbulkan muncunya kantung mata. Konsumsi garam berlebihan menyebabkan penumpukan cairan dan itu paling pertama terlihat pada mata yang bengkak.
·         j. Keturunan. Kantung mata juga bisa disebabkan oleh faktor gen. Jika orangtua kita memiliki kantung mata, kemungkinan besar kita juga mewakili 'warisan' tersebut. Kantung mata karena faktor gen sifatnya permanen dan baru bisa hilang dengan prosedur operasi.

Nah, sekarang tinggal gimana mengusirnya, kan? Yup, ini dia...
1.       Istirahat yang cukup dan berkualitas.
2.       Minum air putih yang banyak untuk menyegarkan kulit.
3.       Mengompresnya dengan es untuk mengembalikan gelambir kantung mata ke ukuran semula.
4.       Pijat mata.
5.       Melembabkan daerah sekitar mata dengan krim mata yang mengandung lidah buaya atau vitamin C.
Nah, gak usah khawatir. Kantung mata membuktikan kalo kita rajin, kan?! Hehe, semoga bermanfaat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar