Kitty Clock

Blogger TemplatesMy Blogger TricksAll Blogger Tricks

Blog Archive

About Me

Foto Saya
Scha
Scha adalah siswi MAN Kota Kediri 3 dan Scha adalah CALON PEMIKIR MASA DEPAN.
Lihat profil lengkapku
RSS

Kenapa Nyamuk Suka Menghisap Darah?



Ada beberapa hewan yang sukanya ngedrakuli alias menghisap darah kita sembarangan—gak sembarangan juga sih, paling gak mereka punya teori. Salah satunya adalah Nyamuk. Terus, kenapa mereka harus menghisap darah? Ni dia jawabannya.

Masa hidup nyamuk hanyalah sekitar satu minggu saja, tapi hal ini diimbangi dengan banyaknya produksi telur mereka oleh tiap-tiap nyamuk betina. Nah, untuk menunjang proses reproduksi inilah nyamuk membutuhkan protein amino. Karena itu, nyamuk betina lah yang menghisap darah kita. Gak banyak kok, rata-rata hanya 3 mg—dan itu tidak akan membuat kita anemia. Nyamuk jantan tidak menghisap darah, mereka hanya mengonsumsi madu dan nektar yang menjadi makanannya. Darimana mereka mendapatkannya? Yup, karena itulah mereka menghisap darah manusia karena darah ternyata mengandung protein amino yang digunakan nyamuk untuk bertelur. Dibandingkan kerbau dan tikus, sebenarnya darah manusia memiliki lebih sedikit protein amino. Nyamuk-nyamuk ini juga memiliki kemampuan mendeteksi gerakan, bau, dan panas tubuh sehingga mereka selalu dapat menentukan daerah mana yang dapat diincar. Selain itu, kemampuan terbang mereka juga cepat sehingga sulit sekali ditangkap. 

Nyamuk memiliki organ berbentuk sedotan yang disebut probosis yang hanya ada pada nyamuk betina yang berfungsi merobek kulit untuk menemukan pembuluh darah. Setelah mereka mendapatkan pembuluh darah, maka ditusukkannyalah mulut jarum tadi untuk menghisap darah. Nah, luka sekecil apapun pada pembuluh darah akan tetap menimbulkan reaksi oleh trombosit untuk menutupnya dan menghentikan aliran darah keluar serta membekukan darah yang ada pada daerah luka. Ternyata hal ini sudah bisa diatasi oleh nyamuk, mereka memproduksi enzim yang dapat mencegah pembekuan darah sehingga proses penyedotan tetap berlangsung. Enzim ini akan ditanggapi darah sebagai benda asing dan kemudian ditangani oleh antibodi, efeknya adalah timbulnya gatal serta bentol-bentol di kulit akibat alergi.

Gitu deh, jadi kalo kita digigit nyamuk, itu berarti kita ikut melestarikan populasi mereka. Wah, dibalik sifat nakal nyamuk ini ternyata terselip suatu sistem yang terstruktur dan canggih buatan Allah SWT. Keren gak tuh?! Semoga bermanfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar